PANDUAN

MENJUAL

MINYAK GORENG CURAH RAKYAT PAKAI APLIKASI PEDULILINDUNGI

Daftar Isi LATAR BELAKANG

3 

DAFTAR SIMIRAH 2.0 DAN CETAK QR CODE  

PEDULILINDUNGI

4 

PANDUAN JUAL MGCR KE KONSUMEN

6 

BILA KONSUMEN TIDAK PUNYA  

PEDULILINDUNGI

8 

REKAP HASIL JUAL MGCR

9 

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)

10 

LIST DISTRIBUTOR MGCR DI SELURUH WILAYAH 12

2

Latar Belakang

Pemerintah mengumumkan akan mengawasi distribusi hingga pembelian minyak goreng dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Hal ini dilatarbelakangi oleh tujuan utama Pemerintah untuk memberikan kepastian akan ketersediaan dan keterjangkauan harga minyak goreng bagi seluruh lapisan masyarakat. Penggunaan PeduliLindungi berfungsi sebagai alat pemantau dan pengawasan di lapangan untuk memitigasi adanya penyelewengan yang terjadi di berbagai tempat yang dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng .  

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi nantinya diharapkan membantu pemerintah demi tercapainya minyak goreng sesuai harga eceran tertinggi (HET) usai subsidi minyak goreng dicabut dan diganti dengan penerapan Domestic Market Obligation (DMO) serta Domestic Price Obligation (DPO).  

Aplikasi PeduliLindungi juga terintegrasi dengan Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) yang dikembangkan oleh Kementerian Perindustrian  (Kemenperin) bersama Kementerian/Lembaga lain sebagai hub dari tata kelola sawit yang terintegrasi dari hulu hingga hilir.

Aplikasi PeduliLindungi sudah terbukti efektif saat pemberlakuan PPKM di  seluruh Indonesia. Lewat aplikasi tersebut, vaksinasi dan mobilitas setiap orang  terpantau secara akurat dan real time. Dengan memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi untuk pembelian MGCR, diharapkan jalur distribusi minyak goreng ke depannya bisa menjadi lebih teratur dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

3

5 Langkah Daftar Mandiri SIMIRAH 2.0 dan Cetak QR Code

Urutan mendaftar di SIMIRAH 2.0 secara mandiri untuk pengecer adalah sebagai berikut:

1.

Pengecer melakukan pendaftaran di website  www.simirah2.kemenperin.go.id/register 

3.

2.

Login ke website SIMIRAH 2, nantinya penjual akan menemukan QR Code

Pengecer akan mendapatkan email akses untuk login di  website SIMIRAH

4

4.

Klik “Cetak QR PeduliLindungi

5.

Pengecer yang sudah bekerja sama dengan Distributor 1 (D1) dan Distributor  2 (D2) dapat melakukan penerimaan MGCR dengan  

meng-klik “Terima” pada SIMIRAH 2

6.

Cetak QR Code PeduliLindungi yang  sudah diperoleh lalu pasang di toko untuk memudahkan konsumen ketika ingin membeli MGCR.

5

3 Langkah Jual MGCR dengan  PeduliLindungi

Cepat prosesnya, tepat sasaran, dan pasti dapat minyak gorengnya!

1.

2. 6

Arahkan konsumen yang  

datang ke toko untuk  

membuka aplikasi

PeduliLindungi

Minta konsumen untuk scan  

QR Code yang ada di toko

3. Cek hasil scan QR Code di PeduliLindungi konsumen: 

Jika hasil scan berwarna hijau,  

konsumen bisa membeli MGCR  

(Sementara waktu, pembelian

MGCR dibatasi maksimal 10kg

per NIK per hari)

Jika berwarna merah,  

konsumen tidak bisa

membeli MGCR

7

Bila Konsumen tidak punya  PeduliLindungi

Tidak Perlu Khawatir! Konsumen bisa menggunakan KTP

1.

Jika ada konsumen yang belum

memiliki aplikasi PeduliLindungi,  

bisa gunakan KTP untuk membeli

MGCR.

2. 8

Caranya:

Konsumen menunjukkan KTP miliknya kepada pengecer.

Pengecer mencatat Nomor Induk

Kependudukan (NIK) yang tertera di KTP  konsumen.

Konsumen bisa membeli MGCR

(Sementara waktu, pembelian MGCR  dibatasi maksimal 10kg per NIK per hari)

5 Langkah Merekap Hasil  Penjualan MGCR

1.

2.

3. 4.

5.

Pada saat menjual MGCR, pengecer dapat memilih nomor delivery/pengantaran yang sesuai melalui Distributor 1 (D1) atau Distributor 2 (D2)

Pengecer memasukkan laporan penjualan melalui website  SIMIRAH 2 (www.simirah2.kemenperin.go.id).  

Klik tab “Module” dan pilih “Penjualan

Pilih DO dari Distributor yang akan digunakan untuk penjualan

Isi data tanggal penjualan, jumlah, harga satuan, dan lokasi penjualan

Cantumkan NIK pembeli bagi yang melakukan pembelian tidak  menggunakan Aplikasi PeduliLindungi.  

Klik “Submit

9

Frequently Asked  

Questions (FAQ)

1. Bagaimana cara mendaftarkan diri sebagai pengecer resmi melalui SIMIRAH 2.0? Pengecer dapat melakukan pendaftaran mandiri melalui

(www.simirah2.kemenperin.go.id/register) dengan mengisi data-data secara lengkap untuk  mendapatkan akses untuk login SIMIRAH 2..

2. Apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai pengecer resmi di SIMIRAH 2.0? Pengecer hanya perlu memasukkan email yang akan di daftarkan. Selain itu, Pengecer juga diminta untuk menyertakan No KTP dan No NPWP (jika memiliki NPWP) pada saat registrasi, serta mencantumkan Nama, No Telp dan Alamat.

3. Apabila pengecer mendaftarkan sendiri toko sebagai pengecer resmi, apakah pengecer akan otomatis memperoleh distributor?

Pengecer harus mencari Distributor 1 (satu) maupun Distributor 2 (dua) secara mandiri di  masing-masing wilayahnya.Pengecer dapat mengakses website  

(https://simirah2.kemenperin.go.id/setting/stakeholder) dan memilih tab Distributor (D1)  ataupun Sub-distributor (D2) dan memfilter berdasarkan provinsi dan/atau Kab/Kota untuk  dapat melihat lokasi masing-masing distributor di wilayah tempat tinggalnya..

4. Bagaimana caranya saya memperoleh distributor?

Pengecer dapat mencari Distributor 1 (satu) maupun Distributor 2 (dua) secara mandiri di  masing-masing wilayahnya dengan mengakses website  

(https://simirah2.kemenperin.go.id/setting/stakeholder) dan memilih tab Distributor (D1)  ataupun Sub-distributor (D2) dan memfilter berdasarkan provinsi dan/atau Kab/Kota untuk  dapat melihat lokasi masing-masing distributor di wilayah tempat tinggalnya.

5. Apakah ada batasan untuk stok MGCR dari distributor?

Tidak ada pembatasan stock dari distributor.

6. Apa yang harus pengecer lakukan bila tidak dapat login ke SIMIRAH 2.0? Pengecer dapat menghubungi melalui kontak person yang terdapat pada link "Hubungi Kami" pada laman (https://simirah2.kemenperin.go.id/login)

10

Frequently Asked  

Questions (FAQ)

7. Bagaimana cara mencetak QR Scan untuk melakukan Penjualan ke Konsumen? Apabila pengecer sudah mendapatkan akses untuk login ke website SIMIRAH2.0, pengecer dapat menemukan kode QR Code kemudian mengklik dan melakukan download atas file  tersebut. Kemudian setelah mendapatkan file tersebut, pengecer dapat mencetak dan  menempelnya di kios/toko/warung masing-masing.

8. Bagaimana bila konsumen tidak memiliki aplikasi Peduli Lindungi?  Pengecer dapat melakukan pencatatan Nomor Induk Kependudukan yang kemudian dilaporkan di SIMIRAH pada menu penjualan.

9. Apa yang harus dilakukan pelanggan bila tidak dapat scan QR code? Bila pelanggan menemui masalah pada saat melakukan Scan QR Code secara berulang,  maka pengecer dapat meminta NIK untuk di catat.

10. Apa saja yang dibutuhkan untuk lapor performa penjualan per hari? Pengecer hanya perlu untuk memasukkandata Delivery Order dari Distributor yang dipilih,  disertai tanggal penjualan, jumlah harga satuan dan lokasi penjualan tiap harinya yang  juga disertai dengan catatan NIK bila konsumen tidak menggunakan atau memiliki aplikasi Peduli Lindungi.

11. Pukul berapakah batas maksimal lapor peforma penjualan per hari? Pengecer dapat melakukan rekap penjualan maksimal 7x24 jam sejak transaksi itu dilakukan.

11

List Distributor MGCR

di Seluruh Wilayah

Untuk mengetahui letak atau titik distributor masing-masing  wilayah tempat tinggal. Anda dapat mengunjungi website SIMIRAH  2.0 dan memilih menu Module untuk melihat Letak Distributor yang  tersebar baik Distributor 1 ataupun Distributor 2

Silahkan tentukan lokasi pilihan Anda melalui menu filter lokasi. 12