Pendataan Subsidi Listrik

Bagaimana apabila rumah tangga miskin dan tidak mampu yang tercatat dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin dengan daya 450 VA dan 900 VA tidak ingin memperoleh tarif listrik bersubsidi?
Bagi konsumen rumah tangga daya 450 VA miskin dan tidak mampu dapat mengajukan permohonan naik daya ke 900 VA-RTM ataupun daya diatasnya. Bagi konsumen daya 900 VA dapat mengajukan permohonan migrasi tarif 900 VA-RTM maupun daya lain diatas daya 450/900 VA.

Data pengaduan akan ditindaklanjuti oleh Posko Pengaduan Pusat. Selanjutnya, akan ada umpan balik pada website Aplikasi Pengaduan berupa jawaban atas pengaduan rumah tangga yang dapat dibaca oleh kantor Kecamatan.

Apa yang dapat dilakukan oleh rumah tangga miskin dan tidak mampu yang tidak memperoleh tarif listrik bersubsidi?
Rumah tangga tersebut dapat mendatangi kantor kelurahan atau desa untuk mengisi formulir pengaduan yang telah disediakan, dan mengisi Formulir Pengaduan. Formulir pengaduan oleh Kantor Desa/Kelurahan akan dibawa ke Kantor Kecamatan. User Kecamatan menginput data pengaduan ke Aplikasi Pengaduan Kepesertaan Subsidi Listrik yang berbasis web dan dapat diakses melalui internet dari seluruh Indonesia dengan alamat subsidi.djk.esdm.go.id. Data pengaduan akan ditindaklanjuti oleh Posko Pengaduan Pusat. Selanjutnya, akan ada umpan balik pada website Aplikasi Pengaduan berupa jawaban atas pengaduan rumah tangga yang dapat dibaca oleh kantor Kecamatan.