Saran Pembagian Bansos

Bappenas bagi yg terima bansos diperiksa apakah ada anggota keluarga perokok, klu ada berarti buang uang sia2 satu org perokok x 20.000 rp/ bks x 30 hari = 600.000 /bln ini namanya isi air di keranjang

1. Saat ini, terdapat beberapa Program Bantuan Sosial di Indonesia, baik yang disalurkan dalam bentuk uang (Program Keluarga Harapan/PKH, Program Indonesia Pintar/PIP), voucher (Bantuan Pangan Non-Tunai/BPNT), barang (Beras Sejahtera/Rastra) dan iuran jaminan sosial (Program Indonesia Sehat/PIS). Secara bertahap, berbagai bantuan sosial tersebut akan diintegrasikan penyalurannya secara non tunai menggunakan satu kartu.

2. Dari sisi pengeluaran, rokok berkontribusi cukup besar dalam pembentukan garis kemiskinan nasional, yaitu sebagai pengeluaran terbesar kedua setelah beras. Mengingat rokok tidak memberikan nutrisi dan menentukan derajat kesehatan keluarga/individu dari kelompok miskin, maka diperlukan upaya kolaboratif dan terintegrasi untuk mengurangi konsumsi dan perilaku merokok.

3. Beberapa upaya pemerintah yang dilakukan saat ini antara lain adalah: (a) Sosialisasi bahaya merokok di berbagai media massa; (b) Melakukan kajian kenaikan cukai rokok; (c) Memperbanyak pelarangan merokok; (d) Memperluas cakupan area bebas rokok; dll.

4. Hal yang paling sulit adalah pengendalian di tingkat warung. Diperlukan peran serta masyarakat yang lebih kuat melalui pelaporan yang dilampirkan buktinya agar dapat direspon melalui penindakan lebih lanjut.